cara membuat jar dengan netbeans

:) :D

Daftar Materi Java

pada pertemuan sebelumnya kita sudah membuat sebuah project dan juga kelas, lantas bagaimana kalau kita ingin membuat executable jar nya? agar tinggal double klik langsung jalan. caranya mudah,

  • pada ikon project klik kanan -> properties -> cari Run lalu di klik, pada bagian sebelah kanan yaitu Main Class anda pilih browse ->pilihlah kelas mana yang akan dijalankan pertama kali saat project di Run. jika hanya ada 1 kelas maka pilih saja, jangan sampai kosong ->  klik OK
  • pada ikon Project klik Kanan -> Clean and Build, tunggu sampai prosesnya selesai (lihat status bar bagian kiri paling bawah)
  • jika sudah selesai silahkan cari folder tempat anda menyimpan project, biasanya kalau default di windows ada di Documents -> Netbeans Projects -> namaProject. lalu masuk ke folder nama project dan cari folder dist. buka dan temukan file jar anda, silahkan double klik, maka akan program anda akan berjalan dengan baik.

Oke :) segitu aja.. gampang kan, jika dirasa sulit memahami bisa baca ulang dari pertemuan sebelumnya . jika anda ingin mempelajari materi lainnya silahkan mengunjungi daftar materi java.

Daftar Materi Java
About these ads

16 comments on “cara membuat jar dengan netbeans

    • coba dilihat log akhirnya apakah tulisannya build success. kalau iya pasti ada di folder dist. kalau failed ada beberapa kemungkinan. entah bug dari netbeansnya atau pathnya yang bermasalah atau masih ada eror.

    • clean itu untuk compile semua file / code java dan memastikan bahwa semua source bersih dari error syntax bukan runtime. kalau build digunakan untuk membuat jar dari project yang kita buat. secara umum pengertiannya begitu

    • Biasanya sih, programnya harus terlepas dari jenis databasenya sebisa mungkin. jadi ketika di deploy tidak peduli pakai MySql atau PostgreSql atau Oracle. saya gak tau konsep kamu gimana bikinnya, tp biasanya setingan properti terkait koneksi dibuat dalam bentuk xml / properties atau text atau semacamnya. sehingga ketika ganti database sudah tinggal edit aja tidak perlu deploy Jar lagi. untuk importnya itu biasanya diserahkan ke database Tools nya. dipisahkan program dengan urusan database.

silahkan ditanggapi :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s