membuat program bangun datar GUI menggunakan netbeans part[1]

🙂😀

Daftar Materi Java

halooooo.. selamat berjumpa lagi🙂 pada pembahasan kali ini kita akan coba membuat program penghitung luas untuk bangun datar (persegi, persegi panjang, segituga dan lingkaran). mari ikuti langkahnya.

  • buatlah project baru di netbeans dengan cara klik menu File -> New Project ->Java -> java Application -> next.
  • beri nama project dengan nama “bangunDatar”.
  • hilangkan semua centang -> klik finish

oke project sudah jadi jika bingung silahkan lihat matericara membuat project menggunakan netbeans atau materi ini.  setelah membuat project buatlah 2 package baru di dalam project dengan nama “logic” dan “tampilan”. package logic digunakan untuk menyimpan semua kelas java yang bertugas sebagai logic program dan package tampilan untuk menyimpan semua kelas untuk User Interface (GUI). berikut ini caranya :

  • pada window project, carilah project anda dan klik kanan ikon (cangkir kopi) -> new -> java package -> beri nama logic -> finish. atau klik kanan menu file -> new File -> java -> java package -> beri nama logic-> finish. jika bingung silahkan lihat materi ini dan pelajari window dari netbeans.
  • setelah package logic jadi, ulangi lagi membuat package dengan nama tampilan.

oke, saya anggap sudah jadi packagenya lalu kita harus membuat kelas – kelas logic yang menangani perhitungan luas dan keliling masing – masing bangun datar. mari kita buat

  • membuat kelas Persegi, caranya pada icon package logic klik kanan -> new -> java class -> beri nama Persegi -> finish. berikut ini kode dari kelas persegi
package logic;

/**
 *
 * @author lahardi alkawero
 */
public class Persegi {
  private double sisi;

  public void setSisi(double s){
    sisi = s;
  }

  public double getSisi(){
    return sisi;
  }

  public double hitungLuas(){
    double luas = 0;
    luas = sisi*sisi;
    return luas;
  }

  public double hitungKeliling(){
    double keliling = 0;
    keliling = 4*sisi;
    return keliling;
  }

}
  • setelah itu kita buat kelas yang menangani logic dari sebuah persegi panjang, kita buat kelas bernama PersegiPanjang. caranya sama dengan pembuatan kelas Persegi yaitu didalam package logic, berikut ini kode kelas PersegiPanjang
package logic;

/**
 *
 * @author lahardi alkawero
 */
public class PersegiPanjang {
  private double panjang;
  private double lebar;

  public void setPanjang(double p){
    panjang = p;
  }
   public void setLebar(double l){
    lebar = l;
  }

  public double getPanjang(){
    return panjang;
  }

  public double getLebar(){
    return lebar;
  }

  public double hitungLuas(){
    double luas = 0;
    luas = panjang*lebar;
    return luas;
  }

  public double hitungKeliling(){
    double keliling = 0;
    keliling = (2*panjang)+(2*lebar);
    return keliling;
  }
}

  • lalu buat kelas yang menangani logic dari sebuah segitiga, kita buat kelas Segitiga di dalam package logic, berikut kodenya
package logic;

/**
 *
 * @author WIN-7
 */
public class Segitiga {
  private double alas;
  private double tinggi;
  private double sisi1;
  private double sisi2;
  private double sisi3;

  public void setAlas(double a){
    this.alas = a;
  }

  public void setTinggi(double t){
    this.tinggi = t;
  }

  public void setSisi1(double s1){
    this.sisi1 = s1;
  }

   public void setSisi2(double s2){
    this.sisi2 = s2;
  }

   public void setSisi3(double s3){
    this.sisi3 = s3;
  }

  public double getAlas(){
  return alas;
  }

  public double getTinggi(){
    return tinggi;
  }

   public double hitungLuas(){
    double luas = 0;
    luas = 0.5*alas*tinggi;
    return luas;
  }

  public double hitungKeliling(){
    double keliling = 0;
    keliling = sisi1+sisi2+sisi3;
    return keliling;
  }

}
  • dan kelas yang terakhir adalah kelas Lingkaran, caranya sama dengan pembuatan kelas Persegi, tapi nama kelasnya adalah Lingkaran, berikut ini kodenya :
package logic;

/**
 *
 * @author lahardi alkawero
 */
public class Lingkaran {
  private double jari;

  public void setJari(double j){
  jari = j;
  }

  public double getJari(){
    return jari;
  }

  public double hitungLuas(){
    double luas=0;
    luas = Math.PI * Math.pow(jari, 2);
    return luas;
  }

  public double hitungKeliling(){
  double keliling=0;
  keliling = 2 * Math.PI * jari;
  return keliling;
  }

}

okeeeeeee..🙂 itulah kelas – kelas yang menangani logic dari program yang akan kita buat. selanjutnya kita akan buat tampilannya / GUInya tapi pada sesi berikutnya. part[2]. terimakasih sudah menyimak :) silahkan pelajari materi lainnnya dari daftar materi🙂
🙂😀

Daftar Materi Java

silahkan ditanggapi :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s