tahapan kemampuan dalam mempelajari Java Standard Edition

🙂😀

Daftar Materi Java

Berikut ini adalah tahapan – tahapan kemampuan dalam mempelajari Java Standard Edition. Tahapan ini disusun berdasarkan pengalaman saya🙂 dan bukan satu – satunya solusi untuk pertanyaan “bagaimana cara belajar java yang efektif?”.

  1. Bisa membuat project baru di netbeans/eclipse (IDE, Integrated Development Environment)
  2. Bisa membuat package baru di IDE
  3. Bisa membuat kelas baru dalam sebuah package / project project tertentu
  4. Dapat menggunakan fungsi – fungsi dari IDE yang digunakan
  5. Memahami aturan penamaan Kelas , variable, method
  6. Memahami tipe data simple di java (int, float, double, char, String).
  7. Memahami operator  (aritmatika , modulus, dll)
  8. Memahami method main untuk apa? Kenapa sebuah kelas memiliki dan kelas yang lain tidak memiliki method main ?
  9. Bisa membuat Kelas yang dapat mencetak “halo”
  10. Bisa membuat kelas yang dapat melakukan perhitungan(+ – * /). Dan mencetaknya
  11. Dapat membuat array dan memahami array itu untuk apa ?
  12. Memahami statement control / (if else, switch)
  13. Memahami looping control (for, while)
  14. Dapat membuat kelas dan konstruktornya
  15. Dapat menciptakan object menggunakan konstruktor yang telah dibuat di dalam method main
  16. Dapat membuat void method (tanpa nilai kembali)
  17. Dapat membuat method dengan nilai kembali selain void
  18. Dapat membuat object dan dapat menjalankan method di dalam method main
  19. Memahami apa itu anonymous object.
  20. Dapat membuat beberapa kelas lengkap dengan methodnya tanpa method main dan 1 kelas TEST dengan method main, lalu menciptakan object dari setiap kelas di dalam method main milik kelas TEST. Dan tiap object menjalankan methodnya masing – masing
  21. Memahami penggunaan tipe akses (default, public, private,protected).
  22. Memahami kelas biasa dan abstract kelas
  23. Memahami apa itu abstract kelas, bagaimana membuatnya dan apa saja aturannya
  24. Dapat membuat kelas turunan dari abstract kelas dan memahami aturannya
  25. Dapat membuat kelas turunan dari kelas biasa
  26. Memahami apa itu interface di java, bukan User Interface
  27. Dapat membuat interface sendiri
  28. Dapat membuat kelas yang mengimplementasi interface
  29. Memahami innerclass dan anonymous innerclass
  30. Memahami polymorfisme.
  31. Memahami variable yang bertipe kelas
  32. Memahami apa itu wrapper class dan untuk apa?
  33. Dapat membuat program yang dapat mengambil input user lewat console
  34. Mengerti konversi tipe data dari angka ke String dan sebaliknya menggunakan wrapper class atau casting
  35. Dapat membuat console program untuk penjumlahan dengan input dari user
  36. Memahami exception handling menggunakan try catch, dapat membuat program yang menerapkan exception Handling
  37. Dapat menangani seluruh Operasi pada String(memecah, membuat array, seleksi, dll)
  38. Dapat memformat angka pecahan (jumlah angka di belakang koma)
  39. Memahami konsep Collections (queue, stack, list, set, map, dll).
  40. Mengerti konsep Generic
  41. Dapat membuat program yang menerapkan Collections
  42. Dapat membuat program console untuk input data oleh user dan disimpan dalam collection lalu mencetaknya
  43. Dapat mengurutkan collection yang tidak urut.
  44. Dapat memodifikasi isi colection(acak, hapus, update, dll)
  45. Menerapkan mengurutkan isi collection yang berupa object dari kelas yang dibuat sendiri dengan mengimplementasi interface comparable atau comparator
  46. Memahami konsep IO di java
  47. Dapat membuat program yang membaca isi dari File
  48. Dapat membuat program yang menulis ke dalam File
  49. Memahami konsep IO lainnya
  50. Memahami konsep multithreading
  51. Dapat membuat thread dalam program
  52. Dapat menerapkan konsep thread dalam program
  53. Memahami konsep networking
  54. Dapat menggunakan kelas – kelas bawaan dalam API java. (calendar, BigDecimal, StringBuilder, Collections, Arrays, String, dll)
  55. Memahami konsep GUI menggunakan Swing
  56. Dapat membuat frame tanpa menggunakan designer netbeans
  57. Dapat memambahkan komponen – komponen lain (tombol, label, textField, dll) dalam jFrame
  58. Memahami window Dialog. Jdialog, JOptionPane
  59. Memahami event handling sebuah kompunen GUI
  60. Dapat membuat event handling sendiri
  61. Memahami konsep management layout GUI
  62. Dapat membuat GUI dengan menerapkan management layout
  63. Memahami komponen – komponen penting lainya (table, combobox, fileChooser, slider, dll)
  64. Memahami method – method yang dimiliki oleh komponen Swing
  65. Membuat Program  – program GUI menggunakan designer netbeans
  66. Memahami konsep MVC yang memisahkan kode logic dan kode tampilan program
  67. Memahami konsep database
  68. Memahami konsep JDBC
  69. Dapat membuat program yang mengambil data dari database dan menampilkannya
  70. Dapat membuat program yang dapat menambah data dalam database
  71. Dapat menambah program yang dapat mengelola database(input, update, delete)
  72. Membuat program GUI database dengan Swing
  73. Membuat program  – program yang dapat menjadi solusi permasalahan nyata (program penjualan, program pengelolaan barang, program rental vcd, dll)

🙂😀

Daftar Materi Java

4 comments on “tahapan kemampuan dalam mempelajari Java Standard Edition

    • ada banyak, cari aja ebook java desktop ifnu bima, java complete reference, java cookbook, dan biasakan dengan yang english. karena lebih banyak dan lebih detail biasanya

silahkan ditanggapi :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s