Membuat kolom JTable menjadi checkbox untuk tipe data boolean

Secara default tipe semua kolom dalam Jtable adalah Object yang akan menampilkan semua isinya berupa hasil dari toString() dari data object yang ada dalam table. Sekarang saya ingin menampilkan data boolean berupa checkbox yang akan tercentang jika true dan tidak jika false. Jika saya menggunakan DefaultTableModel yang tidak mengOverride method untuk kebutuhan spesifik seperti yang saya mau maka table saya akan menampilka data string true / false seperti ini

Kolom Menikah menunjukkan apakah dia menikah atau belum dan hasilnya adalah String true

Ini adalah kode yang saya pakai untuk membuat table di atas, hanya potongan kode yang penting saja yang saya post.

String[] kolom = {“Menikah”};

DefaultTableModel m = new DefaultTableModel(kolom, 0);

m.addRow(new Object[]{true});

tbl.setModel(m);

tbl adalah nama variable dari Jtable yang saya buat.

yang saya inginkan adalah seperti ini

Maka saya harus ubah kodenya menjadi seperti ini

String[] kolom = {“Menikah”};

DefaultTableModel m = new DefaultTableModel(kolom, 0){

Class[] ColumnTypes = {Boolean.class};

@Override

public Class<?> getColumnClass(int columnIndex) {

return ColumnTypes[columnIndex];

}

};

m.addRow(new Object[]{true});

tbl.setModel(m);

By alka Posted in GUI

3 comments on “Membuat kolom JTable menjadi checkbox untuk tipe data boolean

silahkan ditanggapi :)

