1. belajar konsep pemrograman pemula, tipe data dan variable

tutorial ini merupakan bagian dari tutorial berseri, anda dapat melihat materi lainnya di daftar materi konsep pemrograman cara mudah. silahkan menikmati.

Secara sederhana ada beberapa jenis data yang digunakan untuk membuat program sebagai berikut :

  1. angka
  2. huruf
  3. gabungan angka dan huruf
  4. data kompleks
  5. true or false

Angka

tipe data angka mencakup semua jenis angka, baik itu bilangan bulat, pecahan  atau desimal. contoh bilangan bulat adalah 1 atau 200 atau 3999 atau -39 atau semua angka yang tidak menggunakan tanda koma ( , ). Contoh bilangan pecahan atau desimal adalah 0,5 atau 2000,899 atau semua angka yang ada koma( , )nya. angka bulat biasa disebut integer sedangkan angka pecahan biasa disebut float atau double

Huruf

tipe data huruf mencakup hampir semua karakter yang tidak digunakan untuk berhitung. contohnya adalah kata atau kalimat atau paragraf atau bahkan isi tulisan dari sebuah buku. biasanya diberi tanda petik seperti “hello, world”. biasanya disebut sebagai tipe data String.

gabungan huruf dan angka

jika sebuah angka digabung dengan huruf maka akan menjadi jenis huruf, tipe data gabungan ini sebenarnya sama seperti tipe data huruf, misalnya “alka” + 123 akan menjadi “alka123”.  “alka” adalah sejenis huruf dan 123 adalah sejenis angka, ketika digabung mereka akan berubah menjadi “alka123” dan tipenya adalah huruf atau string.

Tipe data kompleks

tipe data ini adalah tipe data yang banyak dijumpai pada pemrograman berbasis objek. contohnya adalah sebuah data siswa yang terdiri dari nama, nomor induk, nilai, usia, tanggal lahir dll. data – data tersebut digabung jadi satu menjadi sebuah tipe data kompleks yaitu tipe Siswa. Siswa bukan lagi huruf atau angka tapi gabungan dari berbagai macam tipe. didalam data Siswa terdapat data nama yang isinya adalah huruf, ada data usia yang isinya berupa angka, ada juga data tanggal lahir yang bertipe waktu atau tanggal, beberapa data yang diperlukan untuk membuat seorang Siswa bisa dicampur-campur sehingga satu Siswa merupakan data bertipe kompleks. biasa disebut tipe data class atau object

true or false

tipe data ini biasa disebut boolean yang digunakan untuk menentukan sesuatu itu benar atau salah. true adalah benar dan false adalah salah. contohnya adalah berhasil = true maka artinya berhasil, jika berhasil  = false maka artinya gagal atau tidak berhasil.

Setelah kita mengetahui tipe data, kita akan belajar mengenai variable atau bisa juga disebut properti. variabel adalah sebuah tempat untuk menampung data. contohnya adalah variabel x = 123 yang artinya x adalah sebuah wadah untuk menyimpan data berupa angka yaitu 123, variabel nama = “lahardi alkawero” artinya nama adalah sebuah variabel yang digunakan untuk menampung data berupa huruf yaitu “lahardi alkawero”, atau variabel tgl = 10/02/1990 yang artinya tgl adalah sebuah wadah untuk menyimpan data berjenis waktu atau tanggal yaitu 10/02/1990.

setelah kita pelajari secara garis besar pengertian dari tipe data dan variabel kita dapat melihat contoh dari beberapa jenis bahasa pemrograman yang banyak digunakan. setiap bahasa dapat memiliki cara tersendiri untuk menuliskan tipe data dan variabel.

tipe data pada pemrograman php

tipe data pada pemrograman javascript

tipe data pada pemrograman java

tipe data pada pemrograman kotlin

tipe data pada pemrograman python

silahkan ditanggapi :)